Sabtu, 07 Desember 2019

5 Perbedaan Custom T-Shirt Teknik DTG dan Manual


Ingin custom t-shirt dengan desain sendiri? Nah saat ini sudah ada banyak sekali jasa digital printing yang mampu memudahkan Anda mencetak baju dengan desain sendiri. Baik itu melalui print kaos DTG maupun sablon manual. Sebenarnya kedua jenis ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar lo. Nah berikut beberapa perbedaan cetak kaos dengan teknik DTG dan manual.

5 Perbedaan Custom T-Shirt Teknik DTG dan Manual

Proses Pembuatan
Proses pembuatan cetak kaos pada umumnya menggunakan printer DTG yakni sebuah printer dengan teknologi head printer dengan menggunakan tinta khusus sablon tekstil. Proses pembuatannya juga cenderung lebih cepat dan bisa langsung dicetak ke media kaos.

Lain halnya dengan sablon teknik manual yang cenderung harus membutuhkan beberapa alat khusus untuk membantu proses pencetakannya. Mulai dari screen atau film sablon. Proses pembuatannya juga cenderung membutuhkan proses yang lama dan membutuhkan keahlian yang khusus.

Peralatan yang Digunakan
Beda teknik beda pula peralatan yang digunakan. Pada metode sablon manual ada beberapa peralatan yang harus disiapkan. Mulai dari papan banting, rakel, screen, hairdryer, tinta, dan coater. Hal ini disebabkan karena prosesnya masih dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin sama sekali.

Sedangkan untuk proses sablon dengan metode DTG hanya membutuhkan peralatan seperti komputer, kompresor, dan mesin press. Jadi tak mengherankan jika peralatan print sablon dengan teknik DTG cenderung lebih mahal. Bahkan gambar yang dihasilkan juga cenderung lebih akurat dan sesuai dengan yang diharapkan.

Jumlah yang Mampu Diproduksi
Pada umumnya cetak baju dengan metode manual cenderung membutuhkan minimal order untuk bisa mengurangi biaya produksinya. Jadi bagi Anda yang menginginkan baju yang eksklusif dan hanya mencetak 1 kaos saja, maka ada baiknya pilih metode DTG. Mengapa? Pasalnya teknik sablon yang satu ini tidak membutuhkan minimal order jadi Anda bisa cetak satuan.

Media yang Digunakan
Pada proses sablon manual mengharuskan Anda membuat screen film terlebih dahulu sebelum desain pada kertas. Selanjutnya tinta akan dicetak pada screen agar bisa dicetak pada kaos. Lain halnya dengan metode DTG yang cenderung lebih praktis dan mudah. Pasalnya dengan teknik ini tidak membutuhkan media apapun sehingga Anda bisa langsung mencetaknya.

Kualitas Kaos
Memang tidak ada jaminan khusus jika cetak kaos lebih bagus dari sablon manual, begitu pula sebaliknya. Mengapa bisa demikian? Sebab kualitas tersebut bergantung pada bahan yang digunakan. Jadi pastikan Anda memilih kaos dengan bahan yang berkualitas agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Nah si atas merupakan beberapa perbedaan mendasar mengenai cetak kaos dengan metode DTG dan manual. Bagi Anda yang ingin t-shirt printing dengan desain sendiri, pesan saja di custom.my. Soal kualitas tak perlu diragukan lagi. Cukup siapkan saja desain yang Anda inginkan dan mereka siap menciptakan baju dengan desain yang Anda harapkan.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates