Sabtu, 19 Mei 2018

Cara Membenahi Kipas Angin Sendiri

Yang awan dengan dunia elektronika apalagi telah menyangkut urusan listrik, gak butuh takut deh, listrik ada dua tahap kok, AC serta Dc, AC adalah arus bolak balik dari sumber arus listrik PLN yang mempunyai tegangan 110v sd 220v, di indonesia rata rata telah memakai 220v. Nah sumber arus AC dibilang juga sumber arus kuat. Sedangkan tegangan DC atau arus searah, yang mana biasanya ada pada rangkaian elektronik yang ada dirumah semisal, Tv, Kipas angin, radio, stereo set, dvd player serta sebagainya.Tegangan pada arus DC dari yang paling rendah 1,5v, 3v,6v,9v, 13v, 13,8v, 19v,24v, 35v sampe 48v tergantung rangkaiannya, Arus Dc terbilang arus lemah jadi tak begitu berbahaya.

Cara Membenahi KIpas Angin Sendiri

Nah seusai paham gak butuh bimbang serta pusing bila disuruh membenahi peralatan elektronik yang rusak milik sendiri. Pada dasarnya hampir semua peralatan listrik bisa di perbaiki sendiri asalkan kamu punya nyali untuk bongkar pasang peralatan tersebut. Yang penting sabar serta sedikit hati hati.Hari ini admin bakal akan coba bahas trik ringan yang tak jarang terjadi yaitu kipas angin matot. tutorial membenahi kipas angin yang mati atau tak mau berputar / matot atau mati total. Mati total disini artinya terbukti tak ada respon sama sekali ketika kipas angin tersebut dinasibkan, atau tak jarang sekali terjadi ketika kipas angin dinasibkan nyatanya tetap ada respon tapi cuma berdengung.

Berikut tutorial membenahi kipas angin matot beserta langkah langkahnya :

1. Copot kabel power kipas angin terlebih dahulu dari sumber arus / colokan yang mengarah ke sumber arus PLN.

2. Cek dulu kabel power kipas angin.
Kabel power adalah penghubung mutlak antara peralatan listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik PLN. Kerusakan yang paling tak jarang terjadi pada kabel power adalah rusaknya kepala jack kabel, tahap kabel di gigit tikus. kerusakan ini bisa langsung terkesan tanpa membutuhkan alat bantu lainnya. Tetapi, untuk kabel power yang putus didalam kami wajib mengggunakan alat bantu multitester maupun AVO meter.

3. Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin.
Bila Kabel power tetap dalam kondisi keren, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yaitu saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang tak jarang terjadi pada komponen ini adalah titik kontak yang telah bengkok atau los / aus jadi ketika saklarnya di tekan bakal balik lagi. Cek dengan multitster.

4. Cek tahap Koneksi kabel antara kabel kecepatan / tahap yang menempel pada sakalar dengan kabel yang menuju listrik langsung ( tak sedikit berwarna hitam atau putih ) apabila kipas angin belum sempat dibongkar.Pada panel tahap Saklar speed / kecepatan bakal terkesan 4 buah kabel yang berasal dari trafo kumparan atau motor kipas angin. 3 kabel untuk jalur pengatur kecepatan kipas angin serta 1 kabel untuk jalur menuju sumber arus listrik.Sedangkan untuk kipas angin yang hanya 2 speed kabelnya hanya ada 3 buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan serta 1 buah untuk menuju jalur sumber arus listrik PLN.Kabel tersebut wajib menunjukkan hubungan langsung ketika diukur memakai multitester.

Cara pengetesannya adalah potong terlebih dahulu tiap kabel tersebut dari sambungan pada saklar, enaknya potong pada tahap tengah kabel biar mudah menyambungnya apabila sobat tak punya solder. atur posisikan saklar multitester pada X1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam pada kabel yang berasal dari trafo / kumparan kipas angin tersebut dengan cara bergantian. Apabila trafo / kumparan kipas angin dalam kondisi keren maka jarum multiester bakal bergerak kekanan memperlihatkan koneksi.

Apabila ada salah satu kabel yang dikukr nyatanya tak terhubung, itu menandakan ada kerusakan di tahap kumparan. Yang paling tak jarang terjadi adalah pada tahap kabel yang terhubung ke kabel power listrik ( warna putih atau hitam ).

Bila ini yang terjadi kemungkinan yang putus adalah Thermofuse ( bentuknya kecil semacam resistor ) tak jarang disebut sekering. posisinya tertutup  bungkus kabel warna hitam serta berada pada kabel power langsung. Apabila tak kemungkinan kawat kumparannya / trafo kipas angin ada yang putus di tahap tengah.Nah apabila 100% kerusakan tahap kumparan trafo, ini tahap susah yang tak bisa diperbaiki sendiri wajib dibawah keagen layanan servis sesuai merk kipas angin sobat, untuk diperbaiki atau diganti.

5. Cek kapasitor kipas angin.
Kejadian yang tak jarang tak sedikit dialami adalah Kipas Angin berputar lambat, kondisi begini menandakan Kapasitor yang mulai melemah, rusak bahkan mati. Ukuran Kapasitor pada Kipas Angin bervariasi antara 400V /1,8 uf sampai 400V / 2,5 uf. Bentuknya kotak hitam semacam korek api kayu serta terletak pada tahap belakang tutup kipas angin.Untuk pengecekannya rada lumayan lihat keadaan, apabila semacam melembung / membengkak / pecah dipastikan cuma kapasitor ini yang rusak, lepaskan lalu beli di toko yang jual spare part elektronik harganya terjangkau kurang lebih Rp.4500 Rp.sd 10.000, pasang dengan yang baru.

Demikian trik tutorial membenahi kipas angin yang mati total ( matot ), trik admin bisa dari teknisi resmi Maspion sertatelah dicoba sendiri serta sukses.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates